SATE


Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk dengan tusukan lidi atau bambu dan kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate.

Sate diketahui berasal dari Jawa dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia dan telah dianggap sebagai salah satu masakan nasional Indonesia. Daging yang dijadikan sate yaitu daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain.

Tapi sate yang saya sering makan itu adalah sate ayam, karena saya memang suka sekali makan daging ayam. Saya sudah makan sate sejak saya masih kecil dan sampai sekarang saya masih suka memakannya, jadi makanan lokal kesukaan saya adalah sate ayam. Selain sate ayam, saya juga suka sate padang. Berbeda dengan sate ayam yang memakai bumbu kacang, sate padang bumbunya lebih kental warna kuning dan biasanya pedas. Sebenarnya saya tidak terlalu suka pedas tapi saya suka rasa pedas dari bumbu sate padang.

Di Indonesia sate sangat mudah ditemukan, yaitu kita dapat membelinya dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas. Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate.

Biasanya sate diberi saus atau bumbu. Bumbu ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau juga yang lainnya dan biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate sangat enak jika dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong atau ketupat.


Ada banyak resep sate yang ada di dunia. Tetapi umumnya resep sate adalah sebagai berikut: Kunyit atau kecap manis adalah salah satu bumbu penting untuk membumbui daging sate dan memberikan warna. Daging sate sendiri banyak ragamnya, misalnya daging kambing, ayam, sapi, domba, babi, ikan, udang, cumi-cumi, kelinci,telur puyuh atau jeroan. Beberapa daging adalah daging yang kurang lazim, seperti daging kura-kura, bulus, buaya, kuda, kadal, dan ular. Daging yang sudah ditusuki dan diberi bumbu baluran rendaman ini, kemudian dipanggang dalam bara api arang hingga matang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGEMBANGAN ORGANISASI DENGAN ICT

Tugas Bahasa Inggris Bisnis 2 (Pertemuan 4)

PENYEBAB UMUM DALAM KEGAGALAN SISTEM INFORMASI YANG TERDIRI DALAM E-GOVERNMENT